Ekonomi Rakyat? Kok Susah?

Rakyat Miskin

Sejak lama kita mendengar istilah ekonomi rakyat. Namun lama kita tidak mengetahui jelas apa juntrungan dari istilah yang digembor-gemborkan pemerintah kita sjak turun-temurun itu. Kenyataannya, rakyat selalu saja hidup susah, banyak yang kelaparan dan ekonomi morat-marit. Jadi dimanakah ekonomi rakyat itu?

Sesungguhnya, tak susah-susah amat jika pemerintah memiliki niat dan upaya yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan ekonomi rakyatnya. Walaupun ekonomi rakyat kita tidak bisa merata, kaya semua. Tetapi setidaknya kita bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat miskin untuk keluar dari lingkaran kemiskinannya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menolong rakyatnya dari penderitaan hidup karena faktor ekonomi. Diantaranya :

    • Orientasikan semua bentuk pembangunan yang ada untuk kepentingan peningkatan ekonomi rakyat miskin.
      • Bangun akses transportasi hingga ke pelosok. Sediakan Pendidikan gratis, Kesehatan Gratis
      • Bangun pusat-pusat ekonomi disetiap lingkungan terkecil. Misalnya Pasar-pasar desa dll.
      • Hentikan pembangunan-pembangunan yang hanya akan dinikmati untuk segelintir orang namun menghamburkan biaya besar. Misalnya pembangunan bandara, pembangunan fasilitas kota berlebihan, rehab dan pembangunan gedung-gedung pemerintah, pembelian kendaraan dinas, dll.
      • Perbanyak program-program pemberdayaan masyarakat. Seperti bantuan bergulir, bantuan modal usaha, pelatihan usaha, dll.
        • Wajibkan pihak Perbankan untuk mengucurkan dana bagi perbaikan ekonomi rakyat dengan prosentase yang cukup besar. Kurangi alokasi pinjaman untuk perusahaan besar dan orang-orang kaya.
            • Wajibkan setiap perusahaan industri untuk membuat komponen industrinya diserahkan kepada masyarakat melalui mekanisme Home Industri. Tidak ada lagi industri yang membuat produk jadi dalam satu atap. Perusahaan hanya merupakan penampung hasil industri rumahan masyarakat.
                • Tegakkan hukum dengan tegas terhadap siapa saja yang menyelewengkan serta menghambat upaya pelaksanaan program-program peningkatan ekonomi rakyat.

                  Tinggalkan Balasan

                  Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

                  Logo WordPress.com

                  You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

                  Gambar Twitter

                  You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

                  Foto Facebook

                  You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

                  Foto Google+

                  You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

                  Connecting to %s


                  %d blogger menyukai ini: